Usman A Tigedo Layak di PAW, Ini Alasanya

WEDA, Deltasatu.com_ Sekertaris DPC Partai Bulan Bintang, Halmahera Tengah, Usman Nahrawi menyatakan, anggota DPRD Halteng, Usman A Tigedo, melanggar ketentuan atau amanah muktamar.

Ia menjelaskan, amanah muktamar sebagaimana tertuang dalam anggaran dasar yang dilanggar diantaranya.

Anggaran dasar, Bab VIII Pasal 19 dan Pasal 20, tentang keuangan dan kekayaan. Anggaran rumah tangga Partai Bulan Bintang. Bab I Pasal 2 tentang kewajiban anggota partai.

Kemudian, peraturan partai nomor 10 tahun 2022, Bab III Pasal 7 tentang hubungan Fraksi dengan Partai.

Selanjutnya, pada Bab IV Pasal 10 tentang hubungan anggota legislatif dengan partai, dan Pasal 11 tentang kewajiban dan hak anggota legislatif.

“Karena itu, bagi DPC Partai Bulan Bintang Halmahera Tengah pelanggaran yang dilakukan oleh Usman A. Tigedo tidak bisa di tolelir,”tegas Sekertaris DPC PBB Halteng ini.

“Tuduhan bahwa DPC bermain dengan oknum DPP terkait dengan usulan PAW, DPC melakukan bay pass sehingga tidak diketahui oleh DPW Maluku Utara dan DPC Halteng Tidak menghargai DPW, bagi DPC Halteng ini tuduhan yang ngawur dan asal bunyi,”sambungnya.

Untuk itu, DPC PBB Halteng menyarankan kepada Usman A Tigedo perbanyak membaca AD/ART partai serta peraturan partai lainya.

Hal ini agar paham mekanisme dan prosedur usulan pergantian antar waktu anggota DPR dari Partai Bulan Bintang. 

Dijelaskan, pergantian antar waktu anggota DPR dari Partai Bulan Bintang itu diatur dalam peraturan partai nomor 10 tahun 2022 Bab V Pasal 13 tentang PAW anggota Legislatif Poin 2, huruf a.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *