PDIP Sambut Baik Penetapan Ikram Sangadji Sebagai Pj Bupati Halteng

WEDA, Deltasatu.com_ Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Halmahera Tengah, menyambut baik penetapan Ikram Malan Sangaji sebagai Pejabat Bupati Halteng.

“Kami menyambut baik keputusan pemerintah pusat yang telah menetapkan bapak Ikram Malan Sangadji sebagai Penjabat Bupati Halteng,”kata Ketua Fraksi PDIP, Halteng, Asrul Alting, Rabu (14/12/2022).

Penetapan Ikram Sangadji sebagai Pejabat Bupati, menurut Fraksi PDI Perjuangan adalah keputusan jalan tengah atau solusi atas polemik yang berkembang selama ini.

Dari sisi regulasi, Asrul menjelaskan, penetapan Penjabat Bupati sudah sesuai dengan Undang-undang 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota pasal 201.

Dan secara khusus diatur dalam Permendagri Nomor 1 Tahun 2018 pasal 4 ayat 2, dan pasal 5 ayat 3 yang berbunyi bahwa dalam hal melaksanakan kepentingan strategis Nasional, Penjabat Bupati/Walikota dapat ditunjuk oleh menteri tanpa usul gubernur.

Apalagi Halteng saat ini telah ditetapkan sebagai kawasan strategis nasional. Tentu lanjut Asrul, pasal itu menjadi pertimbangan sehingga penjabat yang ditunjuk harus betul-betul sinkron dengan arah dan kebijakan nasional tanpa ada konflik interest dengan kepentingan politik lokal menjelang Pileg dan Pilkada 2024.

“Fraksi PDI Perjuangan siap mengawal dan bermitra dengan Penjabat Bupati untuk mengawal agenda pembangunan yang telah diputuskan dalam RPJMD sampai dengan tahun 2025,”terang Asrul.

Karena itu, Fraksi PDI Perjuangan mengimbau kepada seluruh masyarakat Halteng untuk mendukung Penjabat dalam menjalankan tugas penyelengaraan pemerintahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *