KPU Halteng Buka Layanan Konsultasi Parpol

WEDA, Deltasatu.com_  Meski Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang pendaftaran dan verifikasi partai politik (Parpol) belum ditetapkan.

Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Tengah (Halteng), tetap membuka layanan konsultasi kepada parpol. 

Divisi Teknis Penyelenggaraan, KPU Halteng, Iswadi Saleh mengatakan, rancangan pendaftaran dan verifikasi parpol memang sudah ada. Hanya saja, hingga saat ini PKPU nya  belum ditetapkan. 

“Kami masih menunggu putusan itu. Secara internal juga belum mendapat bimbingan teknis terkait hal itu,”ujar Iswadi, Rabu (21/7/2022).

Tetapi KPU, kata Iswadi, terutama KPU Halmahera Tengah, tetap membuka pelayanan konsultasi terhadap partai politik yang dalam persiapan pendaftaran mungkin mengalami kendala-kendala.

“Beberapa waktu lalu kita sudah rapat koordinasi dengan parpol terkait dengan kesiapan mereka menyambut pendaftaran dan verifikasi,”katanya.

Sejauh ini lanjutnya, baru dua partai politik yang datang konsultasi ke KPU. Diantaranya, Partai Buruh, dan Partai Nasdem.

“Jadi, sampai saat ini juga baru dua partai itu yang berkonsultasi ke KPU,”jelasnya.

Ia menjelaskan, pendaftaran parpol dilakukan secara terpusat sehingga parpol di tingkat kabupaten/kota tidak lagi menyampaikan dokumen ke KPU kabupaten maupun provinsi.

“Pendaftaran terpusat di KPU RI. KPU kabupaten/kota nanti pada verifikasi faktual baru akan melakukan kerja-kerja,”terangnya.(red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *