KPU Halteng Akan Sosialisasi Perubahan Dapil dan Alokasi Kursi

WEDA, Deltasatu.com_ Komisi Pemilihan Umum, Halmahera Tengah, akan mensosialisasikan perubahan daerah pemilihan atau dapil dan alokasi kursi DPRD Halteng pada Pemilu 2024.

Hal ini menyusul terbitnya PKPU nomor 6 tahun 2023 tentang dapil dan alokasi kursi DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota pada Pemilu 2024.

Berdasarkan Peraturan KPU itu, KPU RI menyetujui rancangan daerah pemilihan pertama dan jumlah alokasi kursi yang disampaikan KPU Halteng.

Peraturan KPU tersebut, jumlah kursi DPRD Halteng tidak mengalami perubahan. Masih tetap 20 kursi sebagaimana Pileg tahun 2019. Sedangkan jumlah dapil mengalami perubahan. Dari dua dapil menjadi tiga dapil.

Devisi Teknis Penyelenggara, KPU Halteng, Iswadi Saleh menyebutkan, dapil satu terdiri dari Kecamatan Weda, dan Kecamatan Weda Selatan dengan jumlah kursi 9. 

Selanjutnya dapil dua, Kecamatan Weda Tengah, Kecamatan Weda Utara, dan Kecamatan Weda Timur dengan jumlah kursi 5.

Sementara untuk dapil tiga, terdiri dari Kecamatan Patani, Kecamatan Patani Barat, Kecamatan Patani Utara, Kecamatan Patani Timur, dan Pulau Gebe degan jumlah 6 kursi.

“Kita akan sosialisasikan perubahan dapil dan alokasi kursi ini ke masyarakat sehingga mereka bisa mengetahui yang sebelumnya 2 dapil, kini sudah bertambah jadi 3 dapil,”kata Iswadi, Rabu (8/2).

Iswadi menjelaskan, perubahan dapil dilakukan lantaran dalam ketentuan satu dapil itu minimal 3 maksimal 12 kursi. Setelah dilakukan pemetaan, dapil satu telah melebihi 12 kursi sehingga dapil satu harus mekar menjadi dua dapil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *