Jalani Sidang Tipiring, Seorang Penjual Captikus Didenda Rp 50 Juta

WEDA, Deltasatu.com_ Satu orang pelaku penjualan minuman keras atau miras bernama Ahmad Efendi alias Efendi (33) Warga Bukit Durian, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan menjalani sidang tindak pidana ringan atau tipiring yang digelar Polres Halteng dan Pengadilan Negeri Soasio, Tidore Kepulauan. 

Sidang yang digelar melalui teleconference tersebut bertempat di ruang vicon Polres Halmahera Tengah, Kamis (2/2).

Berdasarkan butki yang diamankan di tangan pelaku, berupa 200 kantong plastik miras jenis captikus, 17 karton miras jenis bir hitam, dan 3 karton miras jenis bir putih tersebut.

Maka penuntut meminta kepada Pengadilan Negeri Soasio agar terdakwa harus dinyatakan telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana memiliki, menyimpan, dan menjual miras tanpa izin maka terdakwa harus di pidana.

Terdakwa di jerat dengan pasal 37 Ayat 2 Peraturan Daerah Kabupaten Halmahera Tengah Nomor 12 tahun 2019 tentang Pengendalian dan Pengawasan Peredaran Minuman Beralkohol. Undang Undang No 8 tahun 1981 tentang KUHAP serta ketentuan lainnya.

Dalam persidangan tersebut, terdakwa menyatakan menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatannya. Selain itu, hakim juga memutus barang bukti miras yang diamankan selanjutnya ditetapkan untuk dimusnahkan.

Hasil sidang tipiring itu, terdapat dua hal memberatkan dan meringankan. Perbuatan memberatkan adalah lantaran terdakwa menjual miras. Diketahui miras merupakan penyakit masyarakat yang sangat meresahkan. 

Kemudian yang meringankan adalah terdakwa baru pertama kali melakukan perbuatan, belum perah dihukum, dan menyesali perbuatannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *