Inspektorat Diminta Pro Aktif Awasi Realisasi Program Ubaid-Anjas

MABA, Deltasatu.com_ Selain turun mengawasi secara langsung realisasi program yang dijalankan masing-masing dinas atau Organisasi Perangkat Daerah.

Sekertaris Daerah Halmahera Timur, Ricky Chairul Richfat, juga meminta Inspektorat berperan aktif melakukan pengawasan dan memantau program yang akan dieksekusi OPD. Baik itu program yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun program yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Ricky berharap, inspektorat bisa mengambil peran mengawasi tiap-tiap realisasi item kegiatan OPD.

Meskipun saat ini, kata Ricky, inspektorat masih minim tim auditor. Akan tetapi pihaknya meminta Inspektorat memaksimalkan pengawasannya.

“Memang inspektorat kekurangan tim auditor, tapi kami akan maksimalkan pengawasan sekaligus mereview segala macam dokumen perencanaan dan pelaksanaan,”ungkap, Sekda Ricky, Selasa (5/7/2022).

Mantan Kepala BP4D itu berharap Inspektorat bisa menunjang kelancaran pelaksanaan progres pembangunan.

Tugas inspektorat, lanjut Sekda, agak berat karena mereka turun mengawasi sampai ke 102 Desa.

“Kami akan selalu mengontrol sehingga tupoksi inspektorat bisa membagi APIP agar berjalan maksimal karena keterbatasan sumberdaya,”bebernya.

Sekda menyatakan, pengawasan ketat terhadap realisasi anggaran pada masing-masing item kegiatan yang melekat di tiap OPD dianggap sangat perlu.

Hal Ini dilakukan sebagai langkah ikhtiar dalam meminimalisir penyerapan seluruh kegiatan fisik yang dibiayai melalui DAK dan DAU tahun 2022.

Ricky menegaskan, pimpinan OPD yang acuh tau dan tidak maksimal dalam setiap aitem kegiatan akan dievaluasi bahkan hingga tingkatan pemberian sanksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *