DPRD Segera Memproses Surat PAW Usman A Tigedo

WEDA, Deltasatu.com_ DPRD Halmahera Tengah, segera memproses pergantian antar waktu (PAW), anggota DPRD asal Partai Bulan Bintang (PBB), Usman A Tigedo.

Ketua DPRD, Sakir Ahmad, mengatakan surat keputusan DPP partai besutan, Yusril Ihza Mahendra, itu harus segera ditindaklanjuti. Sebab, jika tidak DPRD akan mendapat somasi melanggar hukum.

Ia menegaskan, surat tersebut tidak ditindaklanjuti apabila DPRD mendapat perintah dari pengadilan.

“Kalau ada perintah pengadilan bahwa jangan dulu diproses karena dalam proses hukum atau masih disengketakan,”jelasnya, dalam rapat Banmus DPRD, Rabu (20/7/2022).

“Tapi sepanjang surat yang dimasukan partai tidak ada komplen dari pihak manapun, maka DPRD wajib untuk menindaklanjuti,”sambungnya.

Sakir menjelaskan, DPRD tidak serta merta menindaklanjuti dan menjadikan surat yang disampaikan partai sebagai administrasi atau rujukan untuk berjalan.

DPRD melalui pimpinan harus konsultasi dan verifikasi ke DPP Partai Bulan Bintang di Jakarta. Ini dalam rangka memastikan kebenaran surat itu.

“Konsultasi ke DPP untuk bertanya apakah surat ini benar atau tidak. Walaupun semua orang mengatakan  benar. Tapi pimpinan DPRD harus melakukan verifikasi secara faktual ke DPP PBB di Jakarta,”paparnya.

Setelah DPP PBB, kata Sakir, mengeluarkan surat yang menyatakan bahwa surat dengan nomor tersebut benar dan telah dipegang pimpinan, maka DPRD akan segera memproses. Sepanjang surat itu belum ada, maka belum bisa.

“Kami akan rapat untuk mengutus satu orang pimpinan dalam waktu dekat ke Jakarta, melakukan verifikasi faktual di DPP,”ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *