Dinas Pertanian Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati di Lahan Perkebunan Petani

WEDA, Deltasatu.com_ Dinas Pertanian Pemkab Halmahera Tengah (Halteng), mensosialisasikan cara membuat pestisida dan fungisida nabati kepada masyarakat.

Sosialisasi tersebut dilakukan dalam bentuk kulia lapangan oleh Kepala Dinas Pertanian, Pemkab Halteng, Yusmar Ohorella

Menurut Yusmar, kulia lapangan ini terkait proyek perubahan jangka pendek yang saat ini masuk pada pelaksanaan.

Cara membuat pestisida dan fungisida nabati disosialisasikan kepada masyarakat di Kecamatan Weda Utara, Kecamatan Patani barat, Kecamatan Patani, dan Kecamatan Patani timur.

Kegiatan yang berlangsung di lahan perkebunan milik kelompok tani selama dua hari, mulai Jumat (26/8) hingga Minggu (28/8) itu sekaligus diaplikasikan.

Yusmar mengatakan, kegiatan praktek lapangan ini dilakukan setelah sebelumnya dilakukan survey lokasi, dan sosialisasi.

Satu minggu kemudian kata Yusmar, tahapan kegiatan ini sampai pada tahapan praktek lapangan pembuatan pestisida dan fungisida nabati.

Sosialisasi sekaligus praktek lapangan ini memaparkan materi seputar tata cara membuat pestisida nabati berbahan dasar daun pepaya.

Yusmar menjelaskan, bahan daun pepaya yang digunakan ini mudah ditemukan masyarakat di pedesaan dan dapat dijadikan bahan utama pembuatan pestisida. 

Cara membuatnya adalah, dicampur sedikit minyak tanah, bubuk detergen, lalu direndam selama satu malam.

“Manfaat pestisida nabati yang dibuat dengan bahan dasar daun pepaya tersebut tidak kalah dengan pestisida berbahan kimia yang dibuat pabrik,”jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *