20 Tahun Kabupaten Halmahera Timur:

Pencapaian dan Sengkarut Permasalahannya

oleh

Mamat Jalil

(Peneliti di Yayasan The Tebings; Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Halmahera Timur Periode 2014-2019 dan 2019-2023).

Kabupaten Halmahera Timur genap berusia 20 tahun tepat pada 31 Mei 2023. Usia yang tergolong tidak lagi muda tentu saja. Berhasil terbentuk dan meniti usia hingga sejauh ini, sejarah yang melingkupinya tidaklah sesederhana dan semudah dengan kabupaten/kota lain yang bersamaan dengannya ketika itu. Sebut saja, Kota Tidore Kepulauan, Kepulauan Sula, dan ….

Masyarakat dan segenap elemen yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Halmahera Timur saat itu benar-benar ‘memperjuangkan’ dirinya untuk menjadi kabupaten sendiri karena dipicu berbagai alasan.

Selain iklim regulasi nasional yang mendukung ketika itu, misalnya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah, menyeruak juga tuntutan masyarakat yang dilasakkan oleh pengalaman (kurang baik) selama berada dalam rezim Kabupaten Halmahera Tengah.

Kecamatan Wasile dan Kecamatan Maba, sebagai wilayah Kabupaten Halmahera Tengah, sungguh memprihatinkan.  Sekedar gambaran saja, kita bisa sebutkan beberapa hal di sini. Nyaris tidak ada peningkatan pembangunan infrastruktur, misalnya jalan dan gedung-gedung pemerintahan.

Pelayanan di bidang pemerintahan dan umum terbengkalai karena jauhnya rentang kendali. Kehidupan masyarakat di kedua kecamatan ini juga jauh dari kondisi sejahtera. Orang-orang dari wilayah ini juga tidak mendapat ‘tempat’ di birokrasi atau pemerintahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *